Solusi Terbaik Mengatasi Kecanduan Sosial Media dan Efek Buruknya

Era teknologi internet yang semakin canggih tidak lepas dari rutinitas sehari-hari masyarakat saat ini. Layanan ini memungkinkan orang untuk mengakses informasi, sangat nyaman dan cepat. Internet telah memberikan dampak positif dalam kehidupan seseorang. Sebagai pengembangan Internet, berbagai media sosial atau sosmed lahir. jaringan sosial adalah di sini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk berinteraksi di dunia maya. Anda dapat berbicara atau chatting dengan seseorang jauh di negara lain oleh aplikasi sosmed.

Dengan sosmed Anda juga dapat menemukan teman-teman lama, teman-teman baru, bergabung dengan komunitas baru, meng-upload foto dan video, berbagi cerita, sampai penjualan. Tapi tidak begitu sinis. Sosmed memberikan pengalaman yang lebih baik. Semua ini jelas menyenangkan, terutama bagi mereka yang suka berinteraksi dengan orang-orang.

Sesuatu yang pasti baik tidak berlebihan dan dengan sosmed. Sangat menyenangkan, bermain sosmed dapat menyebabkan kecanduan. Jika nyandu, menghasilkan banyak hal-hal negatif, seperti malas belajar, menolak untuk makan, untuk bekerja sehingga tidak setuju, dan sebagainya.

Cara Tepat Mengatasi Kecanduan Sosmed

Sosmed ketergantungan harus segera diobati dan akurat untuk menghindari masalah atau efek kecanduan yang lebih parah. Jika Anda tidak dapat mengubah secara radikal, seperti lengkap stop, Anda dapat melakukannya secara bertahap. Tenang, detoksifikasi sosmed mudah kok seperti di bawah ini:

1. Memiliki tekad yang kuat untuk mengubah

Langkah pertama adalah untuk memahami yang dialami kedua masalah kecanduan. Hal ini penting untuk tahu persis berbagai efek samping yang telah dilaporkan akibat kecanduan sosmed ini.

Setelah itu, ia harus memiliki keinginan yang kuat untuk berubah dan memperbaiki diri, termasuk tujuan yang jelas dalam proses perubahan. Ini akan menjadi aset utama untuk mengatasi gangguan adiktif sosmed, sehingga proses menjadi lebih mudah dan tetap fokus.

2. Membatasi Waktu Online

Mulailah dengan langkah-langkah sederhana, seperti membatasi waktu online sosmed. Jika selama ini 24 jam pada hari akses sosmed kemudian mulai membuka sosmed sekarang selama waktu luang setelah kembali dari kantor. Anda juga dirinya sendiri dengan melakukan berbagai rutinitas sehari-hari yang diduduki, jika tangan “tidak gatal” bisa lagi untuk melanjutkan secara online.

3. Mulai Melupakan hobi Seru

Sosmed kadang membuat orang lupa, bahkan melupakan hobinya. Cobalah untuk menjadi aktif untuk hobi yang telah ditinggalkan, dan keinginan untuk selalu mengakses ini sosmed dapat dihapus.

Luangkan waktu untuk melakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat dan belum dibuat, seperti mengunjungi seorang teman lama atau saudara, mendaki ke kue favorit keluarga, dan banyak lagi.

4. Luangkan waktu bersama orang-orang terdekat

Jika selama periode ini adalah “tenggelam” di terlalu dalam sosmed dan mengabaikan keluarga, coba sekarang berubah. Luangkan lebih banyak waktu dengan keluarganya, kerabat atau teman-teman pergi ke bioskop, restoran, dan banyak lagi. Ini akan menjadi menyenangkan dan mengalihkan perhatian sosmed perlahan-lahan.

5. Gunakan Sosmed sebijak mungkin

Pilih sumber berita atau informasi lain yang lebih tepat dan akurat selain sosmed, jadi jangan buang waktu terlalu banyak untuk mengakses berbagai hal untuk sosmed. Dengan cara ini berarti bahwa Anda sudah menggunakan sosmed bijak. Jika Anda sudah memiliki kontrol yang baik saat bersosmed, ia harus kehilangan ketergantungan, bukan?

6. Berubah perlahan-lahan dengan cara yang benar

Menghilangkan kecanduan ini tentu tidak mudah, termasuk ketergantungan sosmed namun. Untuk perubahan ini tidak merasa berat dan sulit untuk diterapkan, melakukan perubahan secara bertahap dengan memilih cara yang tepat. Hal ini akan membawa banyak perubahan positif, sampai akhirnya mampu memiliki kontrol diri yang baik untuk membatasi akses sendiri sosmed.

Efek Buruknya Kecanduan Sosmed

menggila Sosmed pada tahap awal, dampaknya tidak akan terasa secara signifikan. Tapi coba jika sudah akut dalam jangka panjang, kecanduan ini akan membawa banyak masalah dalam hidup Anda, bahkan termasuk pekerjaan dan hal-hal lainnya. Sangat disayangkan, mengingat sosmed awalnya dapat menjadi wadah interaksi positif, itu membuat masalah serius bagi pengguna. Beberapa efek negatif yang dapat mengakibatkan kecanduan sosmed, yaitu:

  • Gangguan akut Tidur

Mengakses sosmed saat sedang santai adalah lazim. Tapi bagi orang yang kecanduan, setiap kali tidak pernah lepas dari gadget untuk melihat account sosmednya. Mungkin waktunya hingga 24 jam bermain sosmed, dan akhirnya mengganggu jam tidur.

Kebiasaan ini tentu akan berdampak buruk bagi kesehatan karena sudah mengalami gangguan tidur akut. Jika Anda memiliki ini, dapat kurang tidur, dan dampaknya berpengaruh untuk pelajaran, pekerjaan, dan lebih

  • Kelelahan yang berlebihan dan Hard Konsentrasi

jam kurang tidur atau bahkan kualitas tidur pasti bisa mengganggu kesehatan. Efek lainnya, sehingga tingkat konsentrasi yang rendah dan menyebabkan kelelahan yang berlebihan, tubuh tidak cocok, dan sering mengantuk saat menjalani rutinitas sehari-hari

  • Tingkat Stres Tinggi dan Emosi tidak stabil

Ketika seseorang kurang tidur dan tidur jadi tidak teratur, maka orang tersebut bisa saja dengan mudah stres. Mempengaruhi aktivitas? Tentu saja ya. Produktivitas jadi terganggu, tetapi ada tanggung jawab dari pekerjaan atau hal-hal lain yang harus diselesaikan.

Kondisi ini dapat diperburuk oleh tekanan kerja cukup tinggi, bahkan masalah pribadi lainnya yang cukup berat. Akhirnya menaikkan tingkat emosional yang tidak stabil dan cenderung berubah.

  • Gangguan Mata

Terlalu lama dan sering mengakses sosmed bisa memberikan efek buruk pada indra penglihatan atau mata. Main sosmed di gadget saat tidur misalnya, akan membuat mata lelah, dan mengangkat penyakit yang dapat merusak mata

  • Jadi Cuek dengan Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

Sebagai ungkapan “sosmed tetap dekat,” begitu benar. Kadang-kadang kita melihat, keluarga sedang makan di meja makan saja, anak-anak sibuk bermain sosmed, ibu dan ayah adalah sama. Akhirnya, tidak chatting dengan satu sama lain, karena semua sibuk dengan ponsel dan sosmednya.

kecanduan Sosmed dapat memperburuk sikap seseorang terhadap lingkungan sekitarnya, bahkan orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Seolah dunia milik bunuh diri, sehingga orang-orang yang sudah cenderung sikap cuek nyandu sosmed dengan sekitar.

  • Depresi dan Kecemasan yang berlebihan

Melalui sosmed, seseorang akan menunjukkan sisi kehidupan mereka. Sedih, bahagia, atau melakukan sesuatu pada saat itu, semua diumbar. Ekspresi seperti ini dapat menjadi hal-hal positif dan negatif yang berubah menjadi tekanan. Berbagai kondisi yang dilihat dan ditemukan di sosmed bisa menyebabkan depresi, kecemasan, kegelisahan, terutama bagi orang yang sudah kecanduan.

Inilah beberapa cara dan dampak buruknya jika anda mengalami kecanduan sosmed yang membuat hidup anda menjadi berantakan yang harus dicegah sekarang juga jangan sampai terlambat untuk masa depan yang cerah dikehidupan yang akan mendatang.