Mark Zuckerberg Bandingkan Whatsapp dan TikTok

Pada awalnya sebenarnya tidak memiliki target pasar yang sama persis, akan tetapi Facebook dan TikTok seolah bersaing sengit saat ini. Mark Zuckerberg yang merupakan orang yang mendirikan sekaligus CEO Facebook tersebut menanggapi beberapa aplikasi yang sedang popular yaitu TikTok. Dia melontarkan langsung pertanyaan, Apakah Ini Internet yang kita inginkan? yang dilontarkan langsung oleh Mark Zuckerberg di Sela Kuliah Umum di Universitas Georgetown pada saat itu. Mark sedang mengkritik TikTok sebagai Platform Video Pendek Terpopuler buatan ByteDance yang berasal dari perusahaan China.

Mark Memantau TikTok sedang menjadi sorotan karena diduga menyensor beragam konten yang terkait dengan demonstrasi negara HongKong. pihak tiktok telah melakukan penghapusan konten tersebut dengan menyangkal TikTok tidak sama dengan kebebasan Berpendapat (Free Speech) di internet, karena sangat berbeda dengan salah satu prinsip yang dipegang olehnya sebagai pendiri media sosial raksasa yaitu Facebook. Dalam rekaman yang ada, Mark Zuckerberg menyampaikan bagaimana cara menghadapi TikTok dengan meluncurkan Lasso di pasar yang belum dimasuki TikTok seperti Meksiko. Lasso sendiri merupakan aplikasi video pendek serupa dengan aplikasi TikTok. Aplikasi ini diluncurkan tahun lalu nama belum dapat sepopuler dan sebaik perusahaan TikTok.

Zuckerberg membandingkan kebijakan TikTok dengan Facebook, misalnya di aplikasi WhatsApp yang merupakan aplikasi yang Populer saat ini menurut dia dipakai oleh beragam elemen pengguna, sedangkan TikTok yang termasuk melakukan aksi demonstrasi di Hongkong. Meskipun Digunakan Oleh para Demonstrasi, Zuckerberg Mengaku Tidak dapat Sewenang – wenang Membatasi WhatsApp. Oleh karena itu, aplikasi tersebut dibekali dengan sistem keamanan yang kuat, berbeda dengan aplikasi TikTok yang jauh berbeda dengan sistem yang digunakan.

Di Aplikasi TikTok seluruh konten yang terkait dengan demo Hongkong disensor, bahkan untuk para penggunanya di Amerika Serikat, dalam perkataan Mark Zuckerberg. Pihak TikTok langsung menyikapi dengan membantah tuduhan Mark Zuckerberg tersebut. Menurut juru bicara TikTok, pihaknya tidak menghapus konten menyindir demonstrasi hongkong. Pemerintah china menegaskan bahwa mereka tidak ada menghapus konten tersebut dan memang tidak memiliki hak untuk hal tersebut, Karena TikTok tidak beroperasi di china. Kata juru Bicara TikTok Kepada CNBC, sebagaimana dirangkum oleh kami. TikTok memang tidak beroperasi di China. Namun, ByteDance punya aplikasi serupa bernama Douyin, aplikasi Douyin ini sangat terikat dengan regulasi yang berlaku dan diatur oleh pemerintah Negeri Beijing Tersebut. Terkait Kebebasan Berpendapat Di Internet, Mark Mengaku khawatir akan masa depan warganet. Sekarang, Menurut dia, sebanyak 6 dari 10 Aplikasi yang populer secara global berasal dari China, salah satunya Aplikasi TikTok yang sekarang sangat populer dimana saja.

Padahal Zuckerberg mengatakan, 10 Tahun lalu seluruh aplikasi populer berasal dari AS yang membela prinsip free speech yang merupakan kebebasan mengekspresikan pendapat, termasuk di internet. Sampai Saat ini, Hampir Seluruh Negara di Luar China mengadopsi prinsip kebebasan berekspresi berdasarkan platform asal Amerika Serikat, Kata Mark Zuckerberg, Tidak ada jaminan apakah prinsip ini akan terus bertahan di masa depan yang akan mendatang, pungkasnya. TikTok sendiri merupakan kompetitor Facebook di ranah Media Sosial belakangan ini,

Dilaporkan dan diketahui TikTok telah membuka sebuah kantor di Mountain View, California dan membajak sejumlah beberapa pegawai Facebook yang berada berdekatan dengannya. Berdasarkan laporan situs analisis aplikasi App Annie di dunia pada Agustus 2019 TikTok memiliki 625 juta lebih pengguna aktif bulanan di seluruh dunia, naik 85% dari tahun sebelumnya. Di Amerika Serikat sendiri pengguna TikTok sudah mencapai 16 juta.

Inilah beberapa informasi mengenai Bos facebook telah mengkritik aplikasi TikTok yang akan menjadi pesaing kuat media sosial facebook yang dimiliki mark zuckerberg. Semoga bermanfaat dan menambah informasi yang terbaik disini, Terima kasih.