10 Akuisisi Terbesar oleh Google Sejauh ini: Beberapa Hit, Beberapa Misses

Google melakukan akuisisi pertamanya pada tahun 2001 ketika membeli Dejavue, yang kemudian diintegrasikan ke dalam Grup Google. Sejak itu, raksasa mesin pencari dan perusahaan induknya, Alphabet, telah mengakuisisi sekitar 250 perusahaan. Beberapa dari mereka tidak berguna, sementara yang lain ternyata menjadi mahakarya. Pembelian Fitbit terbarunya sebesar $ 2,1 miliar adalah salah satu akuisisi terbesar oleh Google. Di sini kita lihat 10 akuisisi terbesar yang pernah dilakukan raksasa mesin pencari.

Perusahaan telah menghabiskan hampir $ 30 miliar untuk 10 akuisisi terbesar. Meskipun iklan tetap menjadi sumber terbesar pendapatannya, Google secara agresif berinvestasi (dan membeli bisnis) di berbagai bidang, terutama di mana Google sendiri tidak memiliki keahlian khusus.

Sebelum kita melihat akuisisi terbesar Google, ada baiknya menyebutkan bahwa ia mengakuisisi Android hanya dengan $ 50 juta pada tahun 2005. Hari ini, Android memberi kekuatan lebih dari 80% dari smartphone dunia. Dan Google telah membangun sejumlah besar produk dan layanan di sekitar Android. Mungkin $ 50 juta terbaik yang dihabiskan Google untuk akuisisi.

1. Motorola Mobility, $ 12,5 miliar (2012)

Sejauh ini ini merupakan akuisisi terbesar Google. Tetapi hanya beberapa tahun kemudian, Google menjual Motorola Mobility ke Lenovo hanya dengan $ 2,9 miliar. Tampaknya ini merupakan kesepakatan yang mengerikan bagi Google, setidaknya di atas kertas. Meskipun Google mungkin telah menjual lengan penghasil seluler Mobilitas Motorola ke Lenovo, Google memiliki akses ke portofolio 20.000 paten Motorola yang luas yang membantunya memperkuat Android.

2. Nest Labs, $ 3,2 miliar (2014)

Google dan banyak raksasa teknologi lainnya melihat potensi perangkat rumah pintar dan Internet of Things beberapa tahun yang lalu. Google memasuki pasar rumah pintar dengan akuisisi Nest Labs senilai $ 3,2 miliar pada tahun 2014. Nest masih tidak sebesar yang diharapkan Google, kemungkinan besar karena pasar rumah pintar itu sendiri tidak sebesar itu. Tetapi produk bermerek Nest menjadi semakin populer di AS dan beberapa negara lain.

3. DoubleClick, $ 3,1 miliar (2007)

Iklan poker online selalu menjadi sumber utama pendapatan Google. DoubleClick adalah perusahaan iklan bergambar yang diperoleh Google untuk $ 3,1 miliar. Sejak itu, perusahaan telah mengintegrasikan DoubleClick ke AdSense, mengubah AdSense menjadi platform iklan paling kuat di Internet. Akuisisi DoubleClick juga membantu Google menghasilkan uang lebih baik dari YouTube melalui iklan.

4. Looker, $ 2,6 miliar (2019)

Google tertinggal dari Amazon dan Microsoft dalam komputasi awan. Perusahaan telah meningkatkan cloud play-nya untuk mengejar ketinggalan dengan Microsoft dan Amazon. Ini menghabiskan $ 2,6 miliar pada Looker untuk menumbuhkan penawaran cloud dan memecahkan beberapa ‘tantangan terbesar’ pelanggannya. Looker adalah platform intelijen bisnis. Menurut rumor pabrik, Google bisa membuat akuisisi lebih besar dalam komputasi awan dalam beberapa bulan mendatang.

5. Fitbit, $ 2,1 miliar (2019)

Perangkat lunak Wear OS Google untuk jam tangan pintar telah berjuang untuk mendapatkan daya tarik. Akuisisi Fitbit senilai $ 2,1 miliar tidak hanya akan membantu memperkuat ekosistem Wear OS tetapi juga bersaing dengan Apple Watch. Fitbit menjual 14 juta jam tangan pintar tahun lalu. Harga saham Fitbit telah menurun dari $ 47,5 pada Juli 2015 menjadi hanya $ 6,9 bulan ini karena persaingan ketat dari Apple.

6. YouTube, $ 1,65 miliar (2006)

Ini adalah pembelian pertama miliar dolar dari Google. Ketika Google mengakuisisi YouTube sebesar $ 1,65 miliar, banyak yang mengatakan perusahaan membayar lebih untuk platform video. Tetapi lebih dari satu dekade kemudian, aman untuk mengatakan bahwa YouTube sendiri telah membayar lebih dari semua akuisisi lain dalam daftar ini. Platform ini menawarkan lebih dari dua miliar pengguna aktif bulanan, dan menyumbang lebih dari 6% dari pendapatan Google.

7. Waze, $ 966 juta (2013)

Waze adalah platform pemetaan dan navigasi smartphone dengan fitur-fitur seperti integrasi Spotify dan pembaruan lalu lintas waktu-nyata dari pengguna Waze lainnya. Akuisisi Waze tidak hanya membawa 50 juta pengguna baru ke Google, tetapi juga membantu meningkatkan fungsi Google Maps. Waze tetap merupakan aplikasi independen di iOS dan Android.

8. Divisi Pixel Smartphone HTC, $ 1,1 miliar (2017)

Beberapa tahun yang lalu, raksasa mesin pencari mencapai kesepakatan untuk membeli divisi smartphone Pixel dari perusahaan Taiwan HTC. Akuisisi ini membawa sebagian karyawan HTC ke Google, dan membantu raksasa mesin pencari itu membuat kehadiran manufaktur di Taiwan. Itu memungkinkan Google untuk mengontrol perangkat keras dan lunak telepon Pixel untuk menawarkan pengalaman pengguna sebaik mungkin.

9. AdMob, $ 750 juta (2009)

Perusahaan periklanan seluler AdMob baru berusia tiga tahun ketika Google mengambilnya dengan harga $ 750 juta. Raksasa mesin pencari merasakan potensi iklan mobile saat adaptasi smartphone meroket. Satu dekade kemudian, Google adalah pemain terkuat di dunia periklanan mobile.

10. Perangkat Lunak ITA, $ 700 juta (2011)

Pada 2011, raksasa mesin pencari menghabiskan $ 700 juta untuk membeli ITA Software, penyedia layanan dan penerbangan IT. Perangkat Lunak ITA memperkuat sistem reservasi untuk maskapai penerbangan terkemuka dan juga situs perjalanan. Bahkan Bing Travel menggunakan teknologi ITA. Dengan akuisisi ini, Google membeli infrastruktur di balik produk perjalanan para pesaingnya. Perusahaan juga telah mengintegrasikan teknologi ITA ke dalam Google Flights.